Jadi ceritanya dah seminggu gak puasa gegara siklus bulanan. Nah hari ini jalan puasa hari ke 2 di siklus ini.
Udah sahur jam 3an, pagi-pagi makan nasi kuning pake gorengan 2, siangnya makan cookiesnya Dila, sebelum maghrib makan soto bareng caau. Pas lagi sholat maghrib barulah ingat kalau lagi puasa :)
Dahlahh.. pelupaku dah makin menjadi-jadiii...
Titip sama Allah aja lagi gimana hitung-hitungannya :") wkwk...
Btw.. diluar itu jd mau cerita..
Bismillah semoga lurus niatnya, gaada riya.
Jadi tahun ini masuk tahun ke2 rutin puasa daud. Awalnya banget karena ngerasa iman lemah banget, jadi kayaknya butuh puasa untuk menjaga stabilisasi hati. Selain itu, katanya kalo belom siap nikah kan di suruh puasa kan yaaa wkwk. *canda nikah...
Nah alhamdulillah deh setelah rutin puasa, kerasa banget lebih bisa jaga emosi dari sebelumnya (meskipun sekarang kalo dibandingkan ma orang masih mudah tersulut wkwk. Tp yaaaa.. controlnya kan diri sendiri dimasa lalu...)
Nah puncak ngerasa impact dari puasa itu pas koas. Aku mau list ahhh..
1. Karena dah mulai latihan puasa sebelum koas, aku jadi ringan aja puasa sambil berdiri seharian di OK dan menghadapi lelahnya bolak balik bangsal.
2. Ga ribet kalo mau sholat. Soalnya biasanya solat dzuhur kan waktunya mepet banget tu ya sama makan siang. Aku suka males nunggu2 makan sambil sholat. Kayak semua jadi terburu2 gituu.. nah pas puasa berkurang satu beban pikiran orang malas mikir niii..
3. Mengurangi waktu lepas masker. Jadiii.. di koas kan meskipun pandemi masih ada siklus2 yg buat kita 'terpaksa' buka masker karena kebutuhan dasar (makan, wudhu), nahh.. pas puasa berkurang deh... pas wudhu juga bisa kota pilih waktu pas orang2 lagi sibuk makan wkwk. Jd gak umpel2an di tempat wudhu. So ringkas!
4. Ibadah jadi makin tertata, terhindar dari yg sia-sia. Cause pas puasa tu, ditengah kekruyuk2an perut yg terkadang menghadang, ku jadi sering inget lagi kalo kita tu cuma manusia yg tugas di bumi buat ibadah. Trus dengan puasa kan aktivitas2 yg berlebihan dan kurang bermanfaat tu secara sendirinya akan berkurang (karena lagi saving mode wkwk), jd yaaa aku ngerasa akhirnya hal2 yg kita lakuin tu jadi yg bermanfaat2 aja. Trus puasa kan ga cuma nahan haus dan lapar. Tp juga jaga mata dari yg engga2, mulut dari gosipin dan ghibahin temen koas yg pato, telinga dari dengerin ghibahan orang, otak dari suudzonin temen/residen/konsulen/uda uni perawat/ dll wkwk astaghfirullah, dan hati dari doi yg belum bisa kita miliki *canda doi. (Ngomongnya kayak iya aja :))
5. Dapetin happy, puas, dan tenangnya berbuka. Palagi anak wisma kan mayan tu ya kalo lagi puasa sering dapet takjil gratis/sekedar diambilin minum dari temen2 wisma wkwk. Alhamdulillah ya bunnn.
6. Ketenangan. Ya yang ini gausa dijelasin ya. Karena emang udah jelas wk. Pokoknya yuk cobain sendiri!