Wednesday, September 22, 2021

Jadi dokter untuk siapa?


22/09/21, 10.25 WIB
Beberapa hari terakhir bangsal jantung ramai lagi.
Banyak yang sakit dada, sesak, tapi bukan karena sedang menyimpan duka.
Ada pula yang berdebar-debar, tapi bukan karena bertemu dia.

Mereka anak, ibu, ayah, dan saudara dari orang-orang baik yang menanti di luar gedung karena keterbatasan pendamping pasien karena pandemi.
Seringkali kondisi memaksa banyak hal, seperti sekarang, pandemi membuat orang yang memijakkan kaki di atap yang sama tetap tak bisa bersua. Padahal, ada yg sedang terluka, bahkan tak sadar ada belasan selang terpasang ditubuhnya.

Dan...
Banyak dari mereka seumuran bapak, mamak, dan ibu.
Jadi rindu rumah. Terlebih sudah lebih setahun pulang jadi istilah yang rasanya sulit sekali dicapai.

Teringat 4 tahun lalu, mamak akhirnya berpulang dengan kondisi gagal jantung. Sebab hipertensi dan diabetesnya yang sudah sulit sekali dikontrol. Dan sekarang kondisi kesehatan bapak ibu mulai butuh bantuan tenaga medis.
Jadi sering terfikir, sebenarnya jadi dokter untuk siapa? Tapi berikutnya selalu dapat jawaban, "gakpapa.. dimanapun kita tinggal, akan selalu ada orang baik yang menjaga. Meski belum bisa jadi dokter 24/7 untuk keluarga, percayalah ada ribuan sejawat yang insya Allah akan melakukan yang terbaik untuk mereka."

Bapak pernah bilang, yang intinya, "bapak sayang dan bangga Putri sudah bisa bantu keluarga besar berfikir dan mengambil keputusan untuk tindakan medis. Tapi, percaya sama yg disini ya. Mereka pun melakukan yang terbaik. Belajar yang rajin, jadilah dokter yg amanah utk siapa saja..."

".... karena kalau kita baik dan saling mendoakan, maka Allah akan pertemukan kita dengan orang-orang baik juga."

Hah.. sekarang malah aku yg sesak...

Tuesday, September 21, 2021

How introvert am I?


Setelah lebih setengah tahun hidup dengan orang lain. Baru kerasa kalau ternyata aku introvert wkwk. Sebenernya ambivert sih, tp ternyata my introvert is dominant.

Dan, ada yg pernah gak sih denger ke 'introvert-an' Raditya Dika? Kalo rame jadi kikuk, malah kerjaan sendiri ga kelar? Nah.. semenjak hidup terlalu rame, ternyata hal itu jadi kerasa wkwk. Emang ya, hidup bersama orang itu bukan hanya bikin kita makin kenal orang, tapi juga makin kenal diri sendiri.

But, it's not a big problem..
Yaudah, kalo gakonsen belajar di kos, bisa kok belajar di tempat lain.. contohnya masjid raya sumbar kesayangan wkwk. Yg dekat, adem, dan ga terlalu rame. Atau ganti waktu belajar, belajarlah pas orang dah tidur wkwk. Tp semenjak koas, ini syusyah banged coy! Soalnya waktu di rumah ga banyak dan kerasa banget, tidur cukup itu penting..
Terus kalo semua orang lagi ngomong, take a deep breath... boleh menepi bentar biar gak 'capek'.
Kalo mau ngerjain sesuatu tapi 'segan' sama orang, yaudah kerjain pas orang lagi hening atau lg ga di rumah wkwk.
Atau, kalau malu/bingung/gugup saat berpendapat di depan orang... boleh sih sampaikan ke orang yg lebih faham kita dan masalah yg ada terlebih dulu, tp ya tetep yaaa.. akan lebih baik kalau disampaikan disaat yg tepat.. gapapa kok berpendapat, nan.. :)

Okay that's all!
Dan... introvert itu ga masalah kok sebenernya. Gaperlu jadi orang lain, but kudu pinter-pinter ngakalinnya biar tetap waras dan productive. :"v

Let see.. aku bakal nulis tentang bagaimana cara hidup  bersama 8 orang almost 24hr/day ala anak introvert besok-besok lagi yaaa.. Semoga betah dan makin jago ngakalinnya, cause i love them so much. Jd ga mau juga ngekos sendiri wkwk >.<