Tuesday, December 10, 2024

Mau curhat dikit (tp agak emosyenel) karna semua keterkejutan duniawi ya guys wkwk.🤣👀

Beberapa pekan ini lagi jadi WO kawan yang insya Allah segera baralek. Karna lumayan sering searching2 konsep nikah, jadi iklan dan konten di IG, tiktok, dan shopee jadi pernak-pernik nikah juga.

Sambil browsing, tiap liat harga paket2an gitu selalu langsung ngerutin dahi. Aku sebagai makhluk2 yang dikepanitiaan selalu dapet acara/pubdok/dekor auto respon : hah gini doang harganya segini? Ini mah aku bisa bikin sendiri.🙃 

Sebenernya ya emang sih ya, kayak dekor/hantaran/mahar hias/undangan fisik/undangan digital/dll emang kerjaan seni yang gabisa dibatasin harganya. Tt-tt-tapi untuk aku yg masih belajar hidup dan serba mendang-mending ini semua jadi gak masuk akal🥲 hemat 1-3 juta aja kalo dipikir2 dah bisa dipake buat beli mesin cuci atau kulkas yang sangat2 mengurangi beban kehidupan setelah menikah wkwkk.

Kayak undangan web aja dehhh yaa, kalo pesen online tu mulai dari 99k-500k. Dannn.. aku bisa wei bikin juga pake canva/blogspot biar gratis wkwk. Uangnya bisa dipake buat beli kompor + gasnya 👀 Begitupun design undangan cetak ternyata bisa pake canva tu nanti di print online di shopee biar murce🤏🏻 wkwk. Ya Allah, mau request satu yang keluarganya ridho kalo anaknya nikah sama aku intimate aja biar uangnya bisa buat modal hidup jangka panjang🤏🏻 wkwk.

Tapi yaaaaaa prinsip dan niat orang beda-beda yaaa. menikahkan anak kan untuk sebagian orang jadi momen jamuan orangtua untuk sahabat2 dan keluarganya. Sebagian yang lain pun demi menyenangkan diri sendiri dll. Gak salah, pun kalau keluarga ndak keberatan dan mampu ya gak papa banget. Memuliakan tamu kan juga termasuk adab yang kita pelajari dari Rasulullah dan sahabiyyah. Kebetulan aja prinsip ini kurang cocok sama prinsip hidup manusia perintis dan suka yang simple2 aja kayak aku. Malah jadi kepikiran, apa nanti bisnis WO/bikin undangan digital/hantaran yaa? Wkwk 

Jadi kepikiran obrolan sama bapak tahun lalu, seberat-beratnya persiapan nikah perempuan dan keluarga, sebenernya pasti jauh lebih berat persiapan laki-laki (terutama dalam 'urf Jawa dan Islam). Karena biasanya baik untuk acara maupun kehidupan setelah pernikahan, pihak laki-lakilah yang akan lebih banyak memberi/menanggung sebagai bentuk tanggung jawab dan nafkah (khusus utk mahar dan perintilan setelah pernikahan). Perkara nafkah aja pasti bagi sebagian orang perlu keikhlasan yang luas, jadi make sense kenapa sebagai perempuan juga harus belajar manajemen keuangan untuk menghargai dan meningkatkan syukur atas semua nafkah dari suami. Itu baru nafkah, belum perkara dosa-dosa istri yang juga diambil alih sama suami. Fyuhhh. Makin kesini, makin faham kenapa kawan-kawan cowo seangkatan banyak yang menimbang-nimbang ulang untuk nikah wkwk. Semangat dehh buat semua temen2 aku yang sedang mempersiapkan biduk-biduk rumah tangga. Bismillah banyak-banyak. Insya Allah kalo niatnya baik, Allah akan bantu memfasilitasinya. 🫶🏻

No comments: